Ad Code


 

Resmi Diambil Sumpah dan di Lantik 25 Anggota DPRK Aceh Barat

 

Generasiaceh.com  - Aceh Barat - Sebanyak 25 orang politisi lintas parpol di Aceh Barat resmi menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat periode 2024-2029, setelah diambil sumpah sekaligus dilantik melalui Sidang Paripurna yang dilaksanakan di ruang Sidang Paripurna DPRK Aceh Barat Senin 26/08/2024.


Kegiatan tersebut menjadi puncak dari rangkaian proses Pemilu Legislatif 2024 yang sukses digelar secara aman, nyaman dan demokratis.


Pelantikan dan pengambilan sumpah serta janji dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Meulaboh, Faridh Zuri.


Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi yang menghadiri langsung acara itu mengucapkan selamat kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat yang baru saja dilantik dan berharap akan mampu mengemban amanah rakyat serta memberikan yang terbaik untuk Aceh Barat lima tahun ke depan.


Mahdi dalam sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, menegaskan pentingnya peran DPRK sebagai bagian dari sistem pemerintahan daerah. Menteri Dalam Negeri mengapresiasi pelaksanaan Pemilu yang berjalan tertib dan lancar, serta berterima kasih kepada seluruh masyarakat dan penyelenggara Pemilu yang secara langsung mewujudkannya.


Mahdi menuturkan, Sidang Paripurna ini juga menggarisbawahi tiga fungsi utama DPRK, yaitu pembentukan peraturan daerah (legislasi), penyusunan anggaran (budgeting) dan fungsi pengawasan (kontrol). “Setiap anggota DPRK memiliki tanggung jawab besar untuk memperjuangkan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi maupun golongan,” ujar Mahdi membacakan amanat Mendagri.


Selain itu, kata Mahdi, anggota DPRK diharapkan terus meningkatkan kompetensi mereka melalui kegiatan orientasi dan bimbingan teknis yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.


Pj Bupati ini juga menyoroti pentingnya sinergi antara DPRK dan kepala daerah, terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. DPRK diharapkan dapat berperan aktif dalam mengawasi dan mendukung kelancaran Pilkada. “Memastikan kebijakan yang diambil sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan mendukung pembangunan daerah,” ujar Mahdi Efendi.


Mahdi menyampaikan harapannya agar anggota DPRK yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dan amanah rakyat dengan penuh tanggung jawab. Ia juga menekankan pentingnya sinergitas antara lembaga legislatif dan eksekutif dalam membangun daerah serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat Aceh Barat.

“Kami berharap adanya kerja sama yang harmonis antara DPRK dan pihak eksekutif dalam mengawal kebijakan-kebijakan pembangunan. Sinergi ini sangat penting untuk memastikan aspirasi rakyat dapat terakomodir dengan baik,” ujar Mahdi.


Di sisi lain, Pelantikan ini menandai dimulainya tugas baru bagi anggota DPRK dalam menjalankan fungsi pengawasan, penyusunan anggaran, dan pembentukan peraturan daerah yang diharapkan akan mendukung pembangunan Aceh Barat ke arah yang lebih baik.


Acara pengambilan sumpah dan janji ini dihadiri oleh para pejabat daerah, tokoh masyarakat, pimpinan partai serta seluruh anggota DPRK terpilih, yang siap menjalankan tugasnya untuk lima tahun ke depan.

Pewarta : imda.

Post a Comment

0 Comments

REMIX MUSIK KHAS ACEH

Close Menu