Ad Code


 

Kodim 0104/Aceh Timur Gelar Taptu, Pawai Obor, dan Ziarah Nasional dalam Rangka HUT RI ke-79

Generasiaceh.com  -  Langsa, Sabtu (17 Agustus 2024)– Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 Tahun 2024, Komando Distrik Militer (Kodim) 0104/Aceh Timur menggelar serangkaian acara yang penuh makna dan khidmat. Acara tersebut meliputi Taptu, Pawai Obor, dan Ziarah Nasional.


Kegiatan dimulai dengan upacara Taptu yang digelar di Markas Kodim (Makodim) 0104/Aceh Timur Jln. Jenderal Ahmad Yani, Gp. Payabujok Seuleumak, Kec. Langsa Baro. Upacara tersebut diikuti oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Langsa dan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kabupaten Aceh Timur, serta berbagai elemen masyarakat. Setelah upacara Taptu, dilanjutkan dengan Pawai Obor yang mengambil rute dari Makodim 0104/Aceh Timur, mutar ke jalan Jenderal Ahmad Yani, dan menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Langsa.


Pawai Obor ini diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari anggota TNI, Polri, Instansi Pemerintah Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur, pelajar, dan berbagai organisasi masyarakat. Pawai ini menggambarkan semangat juang yang tidak pernah padam dan sebagai simbolis dari api perjuangan yang harus tetap menyala dalam sanubari setiap warga negara.


Setibanya di TMP Kota Langsa, dilanjutkan dengan Ziarah Nasional mulai tengah malam tersebut dipimpin oleh Komandan Kodim 0104/Aceh Timur. 


"Kami yang hadir pada hari ini, tanggal 17 Agustus 2024 pukul 00.00 WIB pada Upacara untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kota Langsa, Pegawai Sipil, Pejuang Rakyat dan Pahlawan yang tidak dikenal," ujar Dandim dalam membacakan naskah.


"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa kami," lanjut dandim.


"Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula, jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Dan kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya," sambung Dandim lagi.


Usai pelaksanaan kegiatan Dandim 0104/Atim Letkol Inf Tri Purwanto, S.I.P. menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah wujud nyata dari rasa cinta kita kepada para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa ini. Dengan semangat yang sama, kita harus terus mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yang telah diwariskan kepada kita.


Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kembali semangat nasionalisme dan cinta tanah air, khususnya di kalangan generasi muda, agar nilai-nilai perjuangan para pahlawan tetap hidup dan menjadi motivasi dalam membangun bangsa ke depan, "pungkasnya.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Walikota Langsa Dr. (C) Syaridin, S.Pd., M.Pd., Pj. Bupati Aceh Timur Amrullah M. Ridha, S.Sos., M.Sc, Kapolres Langsa AKBP Andy Rahmansyah, SIK.SH., MH., Kapolres Aceh Timur AKBP Nova Suryandaru, S.I.K., Kajari Langsa Efrianto, SH., MH., Kajari Aceh Timur Dr. Lukman Hakim, SH., MH., Ketua Pengadilan Negeri Langsa Kemas Reynald Mei, SH., MH., Ketua Pengadilan Negeri Idi Dikdik Haryadi, SH., MH., Ketua DPRK Langsa Maimul Mahdi, S.Sos., M.A.P., Ketua DPRK Aceh Timur Fattah Fikri, Asisten II Pemko Langsa Ali Mustafa, SE., Danki 2 Yon B Pelopor AKP Muhammad Rizaldi, Jajaran Perwira Staf dan Danramil Kodim 0104/Atim, Perwakilan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Langsa, Perwakilan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kab. Aceh Timur, 2 (Dua) Orang Veteran Pejuang Kemerdekaan, Para tamu dan undangan.

Post a Comment

0 Comments

REMIX MUSIK KHAS ACEH

Close Menu